12 October 2012

[ERP] Enterprise Resource Planning


Dengan perkembangan arus informasi yang begitu pesat, bagi sebuah organisasi atau perusahaan adalah menjadi kebutuhan yang sangat mutlak untuk menerapakan ERP. Tim Work yang baik adalah merupakan tuntutan dari sebuah perusahan untuk bisa survive dan senantiasa  berkembang dengan baik dan senantiasa selaras dengan tuntutan pasar. ERP menjadi sebuah jawaban yang sangat nyata bagi trend pasar yang berkembang hingga saai ini. 


Mengenal apa itu ERP.
Tujuan dari sistem ERP adalah untuk mengintegrasikan semua departemen dan fungsi dari seluruh perusahaan (perusahaan) ke sistem komputer tunggal dan menjadi solusi perangkat lunak yang dapat melayani kebutuhan yang berbeda dari setiap departemen pada sebuah perusahaan maupun organisasi.

Hasil akhir dengan penerapan software ERP adalah terjalinannya komunikasi yang baik antar departemen, hingga menuju sebuah tim work yang baik pada perusahaan tersebut. 
Fitur terbaik dari sistem ERP adalah fitur yang mempromosikan manajemen terpadu dan penggunaan informasi penting di perusahaan. 

Berikut ini adalah daftar fitur pada sistem ERP dan menjadi nilai tambah yang baik bagi perusahaan :

Sistem Integrasi
Manfaat inti dari ERP adalah integrasi sistem dan data untuk membuat operasi bisnis lebih mudah dikelola. Alih-alih memiliki setiap unit bisnis dalam sebuah organisasi besar mengelola sumber daya sendiri manusia, keuangan, dan sistem manufaktur, ERP menggunakan sistem yang terintegrasi tunggal dan database untuk menjaga semua informasi manajemen bagi organisasi. Jadi untuk masing-masing fitur berikut, perusahaan dapat melihat hal itu sebagai sebuah fitur "terintegrasi" di bawah ERP.

Manajemen Sumber Daya Manusia
Sumber daya yang paling mahal adalah karyawan dan sumber daya manusia lainnya (SDM). Mengelola informasi yang berhubungan dengan sumber daya adalah tugas besar, dan tidak ada dua sistem yang sama dalam cara mereka menangani data HR. Standarisasi data SDM adalah manfaat besar dari ERP, dan fitur kunci yang harus dicari dalam setiap paket ERP adalah modul SDM nya. Mengelola informasi mengenai peristiwa HR seperti perekrutan, pelatihan, promosi, manfaat, dan pengakhiran semua penting untuk kinerja sebuah perusahaan.

Keuangan dan Akuntansi
Sistem ERP dapat mengintegrasikan keuangan dan sistem. ERP juga
dapat melihat secara detail data keuangan untuk layanan, produk, pelanggan, dan pasar. Menggunakan ERP untuk mengelola keuangan dan akuntansi dapat membantu perusahaan untuk melakukan perencanaan.

Supply Chain Management
Supply chain manajemen dalam ERP mengotomatisasi banyak hal yang terkait dengan pemesanan barang serta menjaga ketersediaan barang.

Dengan menerapkan system ERP, jelas dapat membawa pengaruh yang baik terhadap perusahaan dengan menyediakan cara bagi perusahaan untuk mengintegrasikan semua data yang ada di berbagai departemen di perusahaan. 

[ERP Buyer’s Guide - govirtualoffice]
          

1 comment:

  1. Simtel to thank you for visit and comment on ERP

    Very true indeed to implement ERP for all areas such as the release simtel page, will clearly find a simpler optimization problem in which each found the solution will be found. Almost the same as the vision that was built by us with one of its products is www.sifoster.com which is focused on education.

    Simtel product if it can be done (models with 3rd party) to the optimization of product users, especially in Indonesia ?
    and if willing please share this ERP material.

    regards,
    rois

    ReplyDelete