24 July 2012

Internet di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa


Internet adalah media sumber pengetahuan yang tidak ternilai dan menyediakan kekayaan informasi untuk mendukung pembelajaran siswa. Sebagai perangkat kegiatan belajar-mengajar yang efektif dan efisien, internet adalah fasilitas wajib  untuk peningkatan daya saing bangsa.
Ledakan pertumbuhan Internet dalam dekade terakhir telah memiliki dampak besar pada komunikasi dan perilaku interpersonal.Penelitian psikologis selama periode yang sama telah berupaya untuk meningkatkan pemahaman tentang dampak ini. Sekolah yang telah memiliki kebijakan akses internet tentunya akan menambah daya saing siswa dan sekolahnya. Namun harus disadari juga, bahwa penyalahgunaan teknologi informasi di sekolah dapat menempatkan siswa dalam bahaya atau mengancam integritas dari seluruh komunitas sekolah. Jadi bagaimana acuan pemanfaatan internet bagi siswa yang dapat memastikan bahwa tidak terjadi aktifitas yang melanggar hukum, atau membahayakan keselamatan para pelajar dan pengajar?

Apa risiko penggunaan internet untuk siswa dan sekolah?

Internet pada awalnya dirancang untuk memfasilitasi komunikasi dan kegiatan penelitian. Namun, peningkatan dramatis dalam penggunaan Internet dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan patologis penggunaan (kecanduan Internet). Efek kecanduan Internet termasuk penurunan performa akademis, psikologis dan interaksi dengan teman-teman dan anggota keluarga.
Banyak sekali konten yang tidak patut, yang mungkin sama sekali tidak bermanfaat, kadang menyesatkan atau bahkan yang termasuk perilaku kriminal yang beredar di internet. Konten tersebut secara tidak disadari oleh pengguna internet, akan mempengaruhi pikiran, sikap dan perilaku secara perlahan, melalui alam bawah sadar kita.
Selain itu, harus juga dipastikan bahwa siswa tidak terlibat dalam kegiatan yang tidak pantas atau merusak, dalam penggunaan internet di sekolah, dan harus ada tindakan pencegahan penyalah-gunaan atau kriminalisasi internet.
Maka dari itu perlu dibuat satu sistem yang terpadu untuk mengurangi dampak buruk dari Internet untuk siswa dan sekolah. Diharapkan sistem ini dapat segera di implementasikan di seluruh sekolah di Indonesia.

*berbagai sumber

No comments:

Post a Comment